Untuk
mendapatkan kinerja sepeda motor injeksi yang maksimal, maka perawatan injektor
merupakan hal yang sangat penting. Oleh karena itu setiap 10.000 KM atau
maksimal 1 tahun sekali Injektor sebaiknya dibersihkan menggunakan cairan SR-15.
Berikut akan dijelaskan bagian-bagian alat injector cleaner-tester dan tahapan
pembersihan injector menggunakan cairan SR-15.
Gambar
3. Bagian-bagian Alat Injector Cleaner-Tester
1. Kunci kontak posisi OFF,
2. Lepaskan soket sumber listrik
pompa bahan bakar/injeksi.
Gambar
Melepas soket sumber listrik pompa injeksi
3. Putar kunci kontak pada posisi ON,
4. Hidupkan mesin untuk membuang
tekanan bahan bakar pada selang bahan bakar dengan cara distarter (sekitar 1-2
menit).
5.
Putar kunci kontak pada posisi
OFF.
6. Lepaskan konektor selang bahan
bakar dari pompa injeksi.
7. Rakit alat injector cleaner-tester,
terutama bagian quick coupler dengan konektor untuk sepeda motor.
8. Hubungkan konektor dengan selang
bahan bakar yang menuju injector.
9. Pasangkan cairan injector cleaner pada alat injector cleaner-tester dengan posisi kran regulator (2) tertutup.
Gambar
Pemasangan botol cairan injector
10. Buka kran regulator (2) untuk
mengalirkan cairan injektor dan mengatur tekanan yang keluar dari tabung cairan
injector. Pastikan tekanannya sesuai tekanan pompa bahan bakar (294 Kpa-Honda
& 325 Kpa- Yamaha).
11. Buka control valve (4) agar
injector cleaner mengalir pada selang bahan bakar yang menuju injector,
kemudian atur kembali kran regulator (2) agar tekanan dalam selang bahan bakar
tetap stabil sesuai tekanan pompa injeksi.
12. Pasangkan kembali soket sumber
listrik pompa injeksi, dan putar kunci kontak pada posisi ON.
13. Hidupkan sepeda motor dengan
menekan tombol starter. Pastikan tekanan dalam regulator stabil dengan mengatur
putaran kran regulator (2) sesuai tekanan pompa injeksi.
14. Hidupkan
sepeda motor sekitar 8-10 menit.
Gambar Pemasangan Injector Cleaner-tester
15. Tutup kran regulator (2) dan biarkan
sepeda motor suaranya gak stabil dan akhirnya mati (lihat tekanan pada
manometer pengatur tekanan pastikan mendekati nol (0), selanjutnya coba
beberapa kali distater untuk memastikan tekanan pada selang bahan bakar kosong.
16. Tutup kran control valve (4)
17.
Putar kunci kontak pada posisi
OFF.
18. Lepaskan injector cleaner-tester
dari selang bahan bakar.
19. Lepaskan botol cairan injector
cleaner dengan posisi botol menghadap ke bawah, supaya sisa cairan diselang
bahan bakar keluar pada saat botol cairan dilepas. Pastikan pada saat melepas
botol cairan injektor sambil menggunakan lap kain.
20. Merakit kembali komponen sistem
bahan bakar injeksi sepeda motor sesuai kondisi awal.
21. Lakukan uji coba hasil
membersihkan injektor dengan cara menghidupkan sepeda motor dan dicoba pada
semua putaran mesin (test drive).